5 Alasan Kenapa Parket Kayu Lantai Bisa Kusam

Pemasangan Parket Kayu Lantai Yang Rapih

Lantai kayu memang memiliki pesona  yang tak lekang oleh waktu. Meski penampilannya mengesanka nuansa klasik dan kuno, justru di situlah daya tarik dari penggunaan lantai kayu di rumah-rumah modern saat ini. Banyak orang yang mulai mengaplikasikannya di huniannya untuk melengkapi desain interior maupun eksteriornya. Memang harus diakui, penggunaan lantai kayu ini ada beberapa kekurangan yang pastinya sangat merepotkan pemilik rumah.

Kekurangan yang kerap terjadi di lantai kayu ini adalah mudah tergores dan juga mudah kusam. Banyak yang terjadi pada hunian-hunian yang menggunakan lantai kayu parket seperti ini. Bila anda tidak segera mengatasinya tentu biaya yang harus anda keluarkan tidak sedikit.

Banyak hal yang menjadikan alasan mengapa lantai parket kayu menjadi lebih mudah kusam. Berikut ini beberapa alasan yang membuat lantai parket kayu mudah kusam menurut Muzi Parquet.

  1. Jarang menyapu

Sama halnya dnegan jenis lantai lainnya, lantai parket kayu juga memerlukan disapu setiap hari. Bila anda malas menyapunya maka yang terjadi, lantai parket akan menjadi mudah kusam karena menumpuknya kotoran di permukaan. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa menggunakan sapu yang bulunya lembut atau vacuum cleaner yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan lap kering.

  1. Lembab

Kayu dan kelembaban adalah musuh utama. Untuk itu, ketika anda membersihkannya jangan dipel. Pengepelan yang anda lakukan ini akan membuat genangan air karena proses pengepelan itu membuat endapan di lapisan plywood yang akibatnya akan membuat kayu lapuk.

  1. Lap basah yang selalu dipakai untuk membersihkan

Hal ini juga termasuk alasan mengapa lantai parket kayu menjadi mudah kusam. Penggunaan lap basah untuk membersihkan berbagai noda baik makanan dan minuman akan membuat lantai parket kayu menjadi mudah kusam. Sebaiknya anda menggunakan lap kering saja, jika anda menemukan noda yang membandel, anda bisa menggunakan perasan air jeruk lemon atau belimbing wuluh untuk menghilangkan noda tersebut.

  1. Kerap memindah posisi perabot

Rumah yang di pasang parket lantai kayu yang berada di daerah tropis, tentu membutuhkan perawatan ekstra terhadap parket lantai kayunya. Hal ini bertujuan untuk membuat warna lantainya tidak pudar akibat paparan cahaya matahari. Maka dari itu anda bisa menyiasatinya dengan melakukan secara rutin pemindahan perabot di ruangan yang menggunakan parket lantai kayu.

  1. Tidak melapisi dengan karpet

Supaya parket lantai kayu lebih terpelihara dengan baik, maka ada baiknya anda melapisinya dengan karpet. Hal ini perlu anda lakukan di samping parket lantai kayu tidak kusam juga untuk menjaga keamanan anggota keluarga di dalam rumah.