8 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Jawa Tengah ialah satu di antara Provinsi di pulau Jawa yang memiliki pusat ibu kota di Semarang. Bermacam budaya ciri khas Jawa Tengah sampai saat ini masih tetap dilestarikan agar tidak tergerus dengan pergantian jaman.

8 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

alat musik tradisional jawa tengah

gambar alat musik tradisional jawa tengah

Terdapat beberapa alat musik tradisionil dari Jawa Tengah yang sampai saat ini masih dimainkan dan dilestarikan. Kesenian akan budaya tradisionil memang sudah seharusnya dilestarikan didalam pergantian teknologi yang semakin maju. Di bawah ini terdapat beberapa alat musik tradisional Jawa Tengah :

1. Bonang

Bonang ialah alat musik tradisionil yang dimainkan lewat cara dipukul. Alat musik ini biasanya terbuat dari logam-logam seperti kuningan, perunggu, atau besi.Ada 2 type bonang, pertama ialah bonang barung yang memiliki ukuran semakin besar serta berperan menjadi pembuka atau penuntun dari suatu iringan musik gamelan, serta bonang penerus yang memiliki ukuran lebih kecil serta dipakai pada masa-masa spesifik saja

2. Demung

Demung ialah salah satunya instrumen gamelan yang termasuk juga keluarga balungan. Demung ialah saron yang memiliki ukuran besar.

Pada sebuah set gamelan umumnya ada 2 demung, kedua-duanya mempunyai vs pelog serta slendro. Demung membuahkan suara dengan oktaf paling rendah dalam keluarga balungan, dengan ukuran fisik yang semakin besar. Demung mempunyai wilahan yang relatif lebih tipis akan tetapi lebih lebar dibanding wilahan saron, hingga suara yang dihasilkannya lebih rendah. Tabuh demung umumnya terbuat dari kayu, dengan bentuk seperti palu, semakin besar serta lebih berat dibanding tabuh saron.

3. Gambang

Irama gambang dapat membuahkan irama do re mi fa so la si do.

4. Gong

Gong adalah suatu alat musik jam, instrumen (waditra) yang terbuat dari perunggu atau logam lainnya, berupa bundar serta besar seperti kuali.

5. Kendang/Gendang

Kendang/Gendang ialah alat musik jam yang terbuat dari kayu nangka, kelapa atau cempedak.

6. Kenong

Kenong juga adalah salah satunya alat musik tradisionil di Jawa Tengah yang membuat instrumen gamelan. Kenong biasanya dengan dipukul oleh satu alat pemukul. Jumlahnya kenong pada sebuah set instrumen gamelan umumnya lebih dari 6 buah.

7. Saron

Fungsi alat musik saron sangat besar, dapat dibuktikan dalam suatu set gamelan umumnya lebih dari 2 buah saron dipakai dengan suara vs pelog serta slendro. Dengan ukuran fisik yang lebih kecil, saron dapat menghasilknan suara satu oktaf tambah tinggi dibanding demung.

Ada tehnik yang dimaksud memathet, apa itu? memathet ialah tehnik mainkan saron dengan tangan kanan memukul wilahan / sisi logam saron. Lantas tangan kiri memencet wilahan yang dipukul untuk menghilangkan getaran yang tersisa supaya jadi rapi serta apik.

8. Siter

Siter seringkali diketemukan berpasangan dengan celempung dalam suatu set gamelan Jawa, bila celempung mempunyai 13 pasang senar, siter cuma mempunyai 11 pasang senar. Ciri yang dapat anda jumpai ialah 1 senar dipasang dengan suara pelog serta senar yang lain memakai suara slendro. Seperti yang tampak, Siter adalah type alat musik tradisionil yang dimainkan lewat cara diambil.

Panjang suatu siter lebih pendek dibanding celempung yang cuma sampai 30 cm saja, Siter dimasukkan dalam suatu kotak saat ingin dimainkan, diluar itu siter juga disetel satu oktaf di atas celempung.