Review Aplikasi Payroll dan HRIS Terbaik

HRD (Human Resource Department) merupakan bagian dari sebuah perusahaan yang bertugas untuk mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan karyawan perusahaan tersebut. Apabila sebuah perusahaan memiliki karyawan dalam jumlah yang besar, tentunya mengatur hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat rumit. Untuk dapat membantu kinerja HRD dalam mengatur masalah ini, penggunaan aplikasi payroll sangat disarankan. Terdapat beberapa aplikasi payroll yang populer di Indonesia. Salah satu aplikasi tersebut adalah Payrollbozz. Aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi HRIS (Human Resource Information System) terbaik yang sering di pakai oleh HRD perusahaan besar di Indonesia. Berikut ini adalah ulasan mengenai kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi yang satu ini.

Kelebihan Payrollbozz: Aplikasi Payroll Terbaik

1 ) Pengaturan Shift yang Mudah

Ketika periode baru dalam bekerja akan segera dimulai, kesibukan utama HRD adalah mengatur shift karyawan. Dengan jumlah karyawan yang tidak sedikit, pengaturan ini menjadi sedikit lebih rumit. Sangat penting bagi sebuah perusahaan agar setiap karyawannya memiliki jumlah shift yang sama dan teratur. Di sinilah peranan aplikasi payroll mulai diperlukan. Dengan memanfaatkan Payrollbozz, pengaturan shift karyawan menjadi lebih mudah. Setelah meng-input data berupa nama karyawan, maka aplikasi ini akan mengatur jadwal shift mereka secara teratur.

2 ) System Absensi Kehadiran Real Time

Untuk memastikan bahwa setiap karyawan yang telah dijadwalkan shift-nya hadir, maka system absensi kehadiran sangat diperlukan. Untuk mempermudah karyawan dalam melakukan absensi kehadiran, Payrollbozz mempersiapkan fitur absensi kehadiran secara real time. Fitur ini juga sangat berguna bagi HRD. HRD dapat dengan mudah melacak apakah karyawan perusahaan hadir tepat waktu. Karyawan yang tidak dapat hadir secara tepat waktu dapat diberikan teguran untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

3 ) Perhitungan Penggajian Akurat

Setiap perusahaan memiliki caranya masing-masing untuk menghitung gaji karyawannya. Metode perhitungan yang paling sering digunakan adalah mengalikan jumlah shift kehadiran dengan besaran gaji setiap shift. Hasil perhitungan ini seringkali ditambahkan dengan insentif bulanan, bonus, gaji lembur, atau tunjangan hari raya. Aplikasi payroll seperti Payrollbozz dapat menghitung gaji tersebut secara akurat. Perhitungan gaji secara manual rentan terhadap berbagai jenis kesalahan. Kesalahan semacam ini tidak hanya dapat merugikan karyawan, melainkan juga merugikan perusahaan.

4 ) Persebaran Informasi Lebih Merata

Setelah melakukan rapat, terkadang perusahaan ingin memberikan pengumuman tertentu kepada karyawannya. Mengumumkan dengan metode manual tidak hanya membuang banyak tenaga, tetapi juga tidak efisien. Oleh karena itu, HRD dapat memanfaatkan aplikasi Payrollbozz. Aplikasi yang dapat diakses langsung oleh karyawan ini memastikan bahwa persebaran informasi berupa pengumuman tertentu akan diterima oleh setiap karyawan dengan lebih merata.

5 ) Pengajuan Cuti Online

Satu lagi kelebihan dari software payroll yang akan mempermudah karyawan adalah pengajuan cuti secara online. Keberadaan fitur Payrollbozz yang mudah diakses akan memberikan kemudahan bagi karyawan dalam mengajukan cuti. Selain cuti, karyawan juga dapat mengajukan pinjaman dan lembur secara online.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Payrollbozz. Selain kelebihan yang ada pada daftar di atas, masih terdapat berbagai kelebihan lainnya yang dapat dinikmati dari aplikasi ini. Selain memiliki banyak fitur yang dapat membantu HRD, aplikasi payroll ini juga memiliki reputasi yang terpercaya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan besar yang memanfaatkan Payrollbozz untuk mengelola karyawannya. Tidak mengherankan apabila banyak perusahaan kecil yang mulai melirik aplikasi Payrollbozz.