Kiat Melatih Anak Gemar Membaca Sejak Dini

Membaca merupakan hobi yang sangat bermanfaat dan mencerdaskan. Dengan membaca, maka daya imajinasi akan berkembang dan biasanya anak akan tumbuh dengan lebih cerdas. Tidak hanya itu, membaca merupakan salah satu pola belajar yang paling efektif untuk menyerap informasi secara lebih maksimal. Oleh karena itu, melatih anak gemar membaca merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh orang tua sejak dini dalam proses tumbuh kembang anak. Dengan mengajarkan anak membaca sejak dini, peluang memiliki anak yang gemar membaca di masa depan tentu akan menjadi lebih besar dan orang tua pasti bangga jika anaknya rajin membaca.

Tips Melatih Anak Agar Gemar Membaca

Berbincang mengenai cara melatih anak gemar membaca, tentu ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Namun, tentu, peran orang tua tetaplah besar untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Adapun beberapa cara di mana bisa dilakukan untuk membiasakan anak suka membaca adalah sebagai berikut:

  • Membuat Perpustakaan Pribadi

Membuat perpustakaan pribadi merupakan salah satu usaha yang paling baik untuk membuat anak menjadi lebih suka membaca. Dengan adanya perpustakaan pribadi, anak akan menjadi familiar dengan buku-buku yang anda tata meskipun mereka belum bisa membaca. Dengan bermodal kecintaan pada buku, mereka akan menjadi penasaran, bertanya dan akhirnya mencoba membaca. Proses ini memang panjang namun akan sangat efektif untuk melatih anak gemar membaca hingga masa depan.

  • Membacakan Dongeng

Hal lain yang juga bisa dilakukan untuk melatih anak agar suka membaca adalah dengan membacakan dongeng. Membacakan dongeng memberikan manfaat yang cukup besar untuk buah hati anda. Dengan membacakan dongeng, imajinasi anak akan cenderung lebih berkembang dan yang penting anak akan menjadi dekat dengan buku. Nah, dalam hal ini, sebagai cara melatih anak gemar membaca, pilihlah dongeng-dongeng yang terbaik dan memiliki cerita yang mereka sukai. Biarkan sentuhan agar mereka jenak dalam mendengarkan anda membaca.

  • Mengajak Ke Toko Buku

Jika anda bepergian bersama anak, ada baiknya anda mampir ke toko buku. Toko buku merupakan salah satu sarana yang tepat untuk mengenalkan anak anda kepada buku. Ada banyak buku anak-anak ataupun mainan yang dijual di toko buku. Biarkan anak anda berkeliling dan memilih buku yang mereka sukai. Hal ini akan membuat mereka mencintai buku dan nantinya akan menjadi suka untuk membacanya.

Beberapa cara di atas dapat diandalkan untuk melatih anak gemar membaca. Dengan gemar membaca, maka kecerdasan anak tentu saja akan bisa berkembang dengan lebih maksimal. Dalam hal ini, tentu, peran orang tua tetap menjadi sangat penting. Orang tua harus aktif dan tekun dalam mengajari anak. Jika perlu, buatlah tabel atau tulisan mengenai rencana membiasakan anak untuk membaca agar pembelajaran akan lebih terstruktur. Semoga bermanfaat.