Haruskah Anda Mendapatkan Blog / Situs Web Gratis atau Di-host Sendiri?

Apakah Anda Bertujuan untuk Menjadi Salah Satu Blogger Top Dunia?
Dalam beberapa tahun terakhir, blog telah menjadi salah satu media komunikasi paling kuat di dunia. Dengan konten mereka saat ini dan terkini, tidak mengherankan bahwa blogger telah menarik perhatian dunia dan telah memuaskan keinginan pembaca untuk sesuatu yang segar dan baru. Dalam dunia fashion, misalnya, blogger papan atas seperti Bryanboy dan Rumi Neely duduk di barisan depan di peragaan busana terkemuka di seluruh dunia.


Jadi jika Anda berpikir untuk menjadi blogger, belum terlambat untuk bergabung dengan jajaran selebriti blogger paling sukses di dunia. Yang harus Anda lakukan adalah membuat blog dan memulai.

Host-sendiri vs Blog / Situs Gratis
Ada beberapa platform blog yang memungkinkan Anda membuat blog gratis. WordPress dan Blogger (atau Blogspot), misalnya, adalah dua platform blogging terkemuka di dunia. Keduanya memiliki kekuatan dan kelemahan, tetapi banyak orang lebih menyukai WordPress karena memiliki lebih banyak fungsi.

Satu-satunya masalah dengan platform gratis ini adalah Anda tidak harus mendapatkan nama domain sendiri, dan Anda tidak memiliki kontrol penuh atas konten situs Anda. Misalnya, jika Google mencurigai blog Blogger Anda melakukan spamming, ia dapat dengan mudah mematikannya dalam hitungan detik. Sedangkan untuk WordPress, Anda tidak akan memiliki kontrol penuh atas semua fungsionalitas dan widget yang tersedia kecuali Anda membayar untuk upgrade.

Inilah alasan mengapa blogger yang serius memilih situs web yang dihosting sendiri. Dengan situs yang dihosting sendiri, blogger tidak hanya dapat memiliki kontrol penuh atas kontennya, tetapi ia juga dapat membangun mereknya melalui nama domain yang unik. Selain itu, seorang blogger dapat dengan mudah menyesuaikan blognya dengan penampilan yang dia sukai.

Namun, memiliki blog yang di-hosting-sendiri hadir dengan kerugiannya sendiri. Misalnya, untuk mempertahankan nama domain Anda, Anda harus membayar layanan hosting dan biaya pendaftaran domain secara teratur.

Cara Mendapatkan Blog yang Diinangi Sendiri
Ada tiga langkah umum untuk membuat blog Anda siap dan hidup di Internet. Langkah-langkah ini diuraikan di bawah ini.

  1. Daftarkan nama domain Anda di hosting murah.
    Jika Anda membuat blog gratis, URL Anda (atau alamat web blog Anda) membawa nama platform blogging tempat Anda mendaftar (mis., Atau). Tetapi ketika Anda memiliki blog yang di-host sendiri, bagian “blogspot” atau “WordPress” akan hilang. Untuk mencapai hal ini, pikirkan nama domain yang mudah diingat, dan daftarkan nama itu dengan pencatat yang memiliki reputasi baik. Perhatikan bahwa pendaftaran domain tidak gratis.
  2. Beli layanan hosting web.
    Memiliki nama domain saja tidak cukup. Anda harus memiliki host web untuk menyimpan semua file dan konten blog / situs web Anda. Jadi setelah mendaftarkan nama domain Anda, Anda perlu membeli layanan hosting dari perusahaan hosting terkemuka. Anda dapat membeli layanan hosting dari pendaftar yang sama atau dari perusahaan lain.
  3. Bangun situs web Anda wordpress hosting indonesia
    Beberapa perusahaan hosting web menawarkan aplikasi gratis untuk membantu Anda mulai membangun situs web Anda. Beberapa aplikasi ini termasuk WordPress dan Joomla. Setelah memasang salah satu aplikasi ini, Anda dapat mulai dengan memilih tema terbaik untuk situs Anda, menyesuaikannya dengan tampilan dan nuansa yang diinginkan, dan mengisinya dengan konten yang unik dan berkualitas.