Peluang Bisnis Budidaya Ikan Gurame yang Menggiurkan

Tahukah Anda jika peluang bisnis budidaya ikan gurame ternyata sangatlah menguntungkan. Bahkan hanya dengan berbekal pekarangan rumah seadanya Anda sudah bisa memulai usaha ini. Bibit ikan gurame yang cepat tumbuh merupakan hal yang akan memberikan banyak keuntungan bagi siapapun yang ingin menjalankan usaha ini.

Budidaya Ikan gurame adalah salah satu jenis ikan yang memiliki prospek cerah jika dibudidayakan dengan baik. Terlebih lagi ikan gurame banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena mempunyai daging yang tebal dan rasa yang sedap.

Ada banyak cara budidaya ikan gurame diantaranya seperti budidaya ikan gurame di kolam terpal, budidaya ikan gurame di kolam tembok, budidaya ikan gurame di kolam tanah dan lain-lain. Bahkan jika Anda hanya memiliki lahann yang sangat terbatas, Anda bisa siasati dengan membuat media budidaya yang simpel, seperti dengan tong.

Karena pembudidayaan ikan gurame membutuhkan waktu yang lama hingga tiba masa penen, sehingga menyebabkan harga ikan gurame di pasaran memiliki harga yang mahal. Oleh karena itu pula ikan gurame disebut sebagai makanan yang elit, khususnya untuk ikan gurame yang berukuran besar.

Namun, seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, ternyata ada beberapa cara yang bisa membuat ikan gurame dibudidayakan dengan cepat besar dan cepat panen. Pada kesempatan ini, akan dibahas tentang cara-cara yang bisa membuat ikan gurame yang dibudidayakan cepat besar dan tentunya akan membuat keuntungan yang lebih besar pula.

Salah satu langkah yang membuat sukses budidaya adalah memilih bibit ikan gurame unggul dan berkualitas. Ada banyak jenis ikan gurame yang bisa dijadikan lahan bisnis, seperti gurame angsa atau soang, gurame bastar, gurame jepang, hingga jenis gurame paris.

Untuk mendapatkan benih unggul bisa dengan melakukan pemijahan sendiri ataupun membeli dari tempat pendederan terpercaya. Jika Anda tak ingin repot dan belum paham cara pemijahan yang baik tak ada salahnya membeli saja. Yang penting pastikan, bibit gurame yang anad beli berasal dari hasil pemijahan dengan indukan bersertifikat yang diakui dinas perikanan setempat.

Nah, itulah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam budidaya ikan gurame agar cepat panen yang semoga bisa bermanfaat untuk anda