Cara Budidaya Kelinci Yang Baik dan Benar

Kelinci adalah satu diantara hewan mamalia yang sangatlah familiar. Bertubuh kecil serta lucu jadikan kelinci satu diantara hewan yang banyak di buat jadi hewan peliharaan. Terutama, lantaran termasuk juga hewan yang jinak serta ramah, banyak anak-anak yang membuatnya rekan bermain waktu di rumah atau dikebun.

Terkecuali disukai lantaran kejinakannya, nyatanya argumen lainnya orang mulai beternak kelinci lantaran kelinci mempunyai banyak kelebihan sendiri di banding beternak hewan yang lainnya, terpenting kelinci pedaging. Oleh karena itu di bawah ini beberapa cara budidaya kelinci

Cara Budidaya Kelinci Yang Baik dan Benar

Bukan sekedar penikmatnya yang jadi tambah, kelinci termasuk juga hewan mamalia yang tingkat reproduksinya cepat. Bahkan juga sekali melahirkan, seekor kelinci betina dapat melahirkan 8-12 anak kelinci. Berikut mengapa beternak kelinci termasuk juga satu diantara pilihan yang pas bila anda ingin beternak hewan. Terutama beternak kelinci dapat diawali dengan modal yang relatif sedikit.

kelinci.net

Gambar Cara Budidaya Kelinci Yang Baik dan Benar

Lalu bagaimanakah bila anda seseorang pemula yang baru ingin coba budidaya kelinci? Adakah tehnik spesial yang dibutuhkan supaya sukses dalam ternak kelinci ini? Tak perlu cemas, tersebut kami berikanlah beberapa langkah dalam beternak kelinci untuk pemula.

1. Kandang Kelinci

Anda mengambil keputusan ingin mengawali ternak kelinci dari taraf kecil maupun segera taraf besar, yang perlu ada lihat dimuka yaitu keteresediaan kandang. Terutama bila anda mempunyai tempat atau tempat yang terbatas. Serta berikut banyak hal yang butuh anda lihat waktu menyiapkan kandang untuk kelinci :

Jarak Kandang

Bila anda beternak kelinci di pekarangan rumah, Jarak kandang dari rumah anda yaitu satu hal yang sangatlah terpenting untuk diperhatikan. Jangan pernah terlampau dekat dengan dapur atau ruangan makan lantaran aspek kesehatan.

Besar Kandang

Besarnya kandang sangatlah punya pengaruh untuk perubahan kelinci. Jangan pernah kandang yang anda sediakan terlampau kecil hingga jadikan kelinci tidak leluasa waktu bergerak. Besarnya kandang sudah pasti sesuai dengan adanya banyak kelinci serta luasnya tempat. Umumnya, satu kandang kelinci mempunyai lebar 3x ukuran kelinci dengan bentuk memanjang ke belakang.

Type kandang

Ada dua type kandang kelinci yang dapat pakai. Yakni type kandang dengan system terbuka serta type kandang dengan system tertutup. Biasaya, kandang kelinci terbuat dari kayu maupun bambu. Tetapi akhir-akhir ini kandang kelinci yang terbuat berbahan basic alumuniaum serta kawat juga makin gampang didapati dipasaran.

2. Penentuan bibit kelinci

Pada umumnya, ada dua type kelinci di dunia ini : kelinci pedaging serta kelinci hias. Harga jual dari semasing kelinci itupun tidak sama. Bila arah anda yaitu kelinci hias jadi anda mesti pilih type kelinci berbulu panjang. Serta demikian sebaliknya, bila arah anda yaitu untuk peternakan serta di ambil dagingnya jadi anda mesti pilih type kelinci berbulu pendek. Sebagian persyaratan itu yaitu :

3. Langkah memperbedakan jantan serta betina

Memperbedakan kelinci betina serta kelinci jantan tidaklah suatu hal yang susah untuk dikerjakan. Bahkan juga tidak kian lebih sebagian menit untuk mengambil keputusan kelinci mana yang sejenis kelamin apa. Ada cara-cara yang dapat anda buat jadi referensi untuk memperbedakan kelinci betina serta kelinci jantan. Cara-cara untuk memperbedakan kelamin kelinci itu yaitu :

4. Langkah Mengawinkan

Bila anda telah mengambil keputusan arah pelihara kelinci, apakah untuk kelinci hias atau ternak untuk kelinci pedaging, serta anda telah bisa memperbedakan type kelamin kelinci, step setelah itu yang perlu ada kerjakan yaitu mengawinkan kelinci-kelinci itu.

5. Kelinci Hamil

Sesudah sistem kawin usai, tidak lama kemudian kelinci betina bakal masuk sistem hamil. Walau bagaimanapun ada sejumlah kelinci hamil yang kadang tidak dapat tampak dari bentuk fisiknya tetapi bisa tampak dari sifatnya yang beralih. Sebagian karakter yang dapat anda buat jadi referensi seekor kelinci betina hamil ataulah tidak yaitu :

1 minggu sesudah masuk phase kehamilan umumnya kelinci betina alami penambahan jumlah makan serta selalu jadi tambah seiring berjalannya waktu.
Kelinci betina bakal makin agresif

Perut bakal makin jadi membesar. Bila tidak dapat tampak dengan fisik, anda dapat meraba perut dari kelinci betina itu. Bila mempunyai jendolan, itu mengisyaratkan kelinci tengah hamil
Waktu masuk 2-3 hari sebelum saat hari kelahiran, kelinci betina umumnya bakal bikin sarang untuk anak-anaknya kelak lewat cara menghimpun benda-benda jadi satu.

6. Kelahiran Anak Kelinci

Masuk saat kelahiran anak kelinci yaitu waktu yang terpenting mengingat kadang kelinci termasuk juga hewan yang kanibal. Karenanya, berikut langkah yang perlu anda kerjakan untuk kelinci yang barusan lahir :

Sediakan tempat yang nyaman untuk anak kelinci yang baru lahir supaya terlepas dari dingin, panas, serta angin,
Janganlah dibiarkan induk kelinci yang barusan melahirkan kekurangan mengkonsumsi. Lantaran bila hingga induk kelinci kekurangan mengkonsumsi, besar kemungkinannya dia bakal mengonsumsi anak-anaknya sendiri yang baru lahir.

Tips Budidaya KelinciĀ 

Di bawah ini yaitu beberapa hal yang butuh di perhatikan dalam langkah budidaya kelinci dengan alami :

1. Makanan

Pada umumnya, kelinci bisa diberi makan sayuran atau pelet. Tetapi pemberian ini sudah pasti bergantung arah anda beternak kelinci lantaran ini menyangkut permasalahan jumlahnya makanan yang perlu diberi. Bila anda beternak kelinci hias, berikan makanan pelet, lantaran keperluan gizinya lebih seimbang serta terjamin, yaitu pilihan paling baik meskipun harga nya lebih mahal dibanding harga sayuran. Tetapi walau bagaimanapun, harga jual kelinci hias yang tinggi pasti bakal tutup cost pelet itu.

Tidak sama bila anda beternak kelinci pedaging dalam jumlahnya banyak. Sayur jadi makanan paling utama yaitu lebih bijak lantaran harga nya yang lebih murah di banding harga pelet. Serta bukan sekedar sayuran, buah-buah dapat juga jadikan makanan sambilan untuk kelinci anda.

2. Kebersihan Kandang

Terkecuali makanan, kebersihan kandang yaitu hal yang lain yang perlu di perhatikan. Kebersihan ini sangatlah terpenting lantaran bakal meyangkut ketahanan badan kelinci supaya tidak gampang terkena penyakit. Kelinci yang sakit pasti bakal jadi kelinci yg tidak produktif sekali lagi serta kemungkinan menularkan penyakit pada manusia juga kemungkinan besar berlangsung. Maka, pembersihan kandang dari kotoran kelinci yaitu langkah yang pas untuk menahan timbulnya penyakit yang menyerang kelinci.

3. Bising

Nyatanya aspek lingkungan adalah hal terpenting yang lain yang perlu dijaga. Lingkungan yang bising bakal jadikan anak kelinci yang baru lahir jadi ketakutan serta stress. Bukan sekedar anak kelinci, kelinci dewasa juga sangatlah rawan jadi stress lantaran aspek lingkungan ini.

Tersebut cara-cara budidaya kelinci dengan alami untuk pemula serta memperoleh hasil yang optimal menurut kelinci.net. Mudah-mudahan berguna serta selamat berternak kelinci!