LIVE RCTI

Ini dia sinetron yang kaya akan pesan moral dan pada saat itu jadwal acara TV Keluarga Cemarasangat dinantikan oleh para pemirsa RCTI. Sebuah cerita tentang kesederhanaan sebuah keluarga miskin, yaitu mereka semua harus membanting tulang bekerja untuk membiayai hidup mereka.

Pemeran-pemeran dalam sinetron ini pun memiliki porsi masing-masing dalam cerita dan memiliki karakter yang pas untuk mereka mainkan sehingga jalan cerita menjadi lebih natural dan apa adanya. RCTI Online

Sinetron ini seakan menjadi sebuah cerminan dari orang-orang golongan rendah yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan memiliki banyak tanggungan dalam keluarga. Sebuah sinetron dengan realita yang sesungguhnya banyak terjadi di kehidupan kita, terutama bagi orang di Ibu kota Jakarta. Hal inilah yang kemudian menjadi hal menarik yang tersampaikan lewat sinetron ini.

Namun manfaat yang baik tercermin dalam sinetron ini yaitu Keluarga Cemara mengalami kehidupan yang susah, namun mereka tetap tidak pantang menyerah, tetap semangat, dan juga menjaga kerukunan keluarga mereka.

Kerja keras bisa diambil dari sinetron ini misalnya peran Abah. Walaupun dia sudah tua, namun semangatnya dalam menjalani pekerjaan sebagai tukang becak tetap dia jalani dengan senang hati dan penuh dengan semangat. Begitu juga anak-anak gadis mereka yang walau masih sekolah, tetap mau untuk membantu perekonomian keluarga dengan menjadi penjual opak buatan Emaknya setelah pulang sekolah.

Dua anaknya yang masih sekolah itu bernama Ara dan Agil yang sangat baik dan mau untuk bersusah payah berjualan sepulang sekolah maupun berjualan di sekolah untuk mendapatkan uang untuk biaya sekolah mereka sendiri.

Sungguh sebuah sinetron yang sangat baik untuk ditonton agar penikmatnya bisa mengambil teladan dan sikap-sikap baik yang dihadirkan dan diajarkan oleh para pemain. Ini adalah salah satu acara TV RCTI terbaik yang dapat mendidik tentang kesederhanaan dan perjuangan, namun tidak menggurui.

Namun sayang, episodenya terlalu banyak, yaitu sebanyak 412 episode dan enam tahun mengudara di layar kaca kadang atau bahkan sering membuat bosan sama dengan sinetron-sinetron yang pernah ada di televisi lainnya.