Cermati Fungsi dan Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Bagi Masyarakat Indonesia

Kata ‘asuransi’ memang sudah tidak asing lagi. Asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan secara finansial yang digunakan untuk berbagai macam hal. Anda bisa menggunakan asuransi untuk jiwa, kesehatan, properti dan sebagainya. Asuransi bukanlah suatu pemborosan atau sikap hedonism. Justru, asuransi harus dimasukkan kedalam list anggaran atau perencanaan keuangan Anda. Dalam suatu rumah tangga tentu akan ada perencanaan keuangan untuk mengatur pengeluaran dan pendapatan supaya bisa seimbang. Lantas, mengapa asuransi menjadi salah satu hal yang harus masuk kedalam perencanaan keuangan Anda?

Dewasa ini, di zaman yang serba modern dan serba instan membuat beberapa orang menjadi sangat rentan dan mudah terserang penyakit. Di zaman modern ini, masyarakat sudah terlalu terbiasa untuk mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji. Tetapi, dibalik rasanya yang nikmat terdapat segudang penyakit yang siap bersarang di dalam tubuh Anda. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan orang Indonesia yang sangat buruk salah satunya malas bisa mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang. Hal ini bisa dilihat dari data-data penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stanford dimana orang Indonesia berada di posisi paling atas untuk kategori orang paling malas berjalan kaki.

Padahal, jalan kaki merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh Anda tetap sehat. Semua orang tentu tidak menginginkan sakit. Namun, melihat data tersebut dan kebiasaan orang Indonesia membuat tingkat harapan hidup orang Indonesia sangatlah rendah yaitu hanya 69 tahun. Oleh karena itu, orang Indonesia haruslah memiliki asuransi kesehatan sejak usia muda. Lantas, apa fungsi dari asuransi untuk Anda sehingga Anda harus memiliki asuransi?

Fungsi Asuransi yang Harus Diketahui

Ada banyak sekali fungsi asuransi terutama asuransi kesehatan untuk orang Indonesia. Berikut ini adalah beberapa fungsi asuransi yang harus diketahui.

Mengalihkan Resiko

Fungsi asuransi yang pertama yaitu mengalihkan resiko. Resiko ini bisa berupa apa saja dan datang dari mana saja. Setiap orang tentu tidak menginginkan suatu hal buruk menimpa dirinya atau bahkan keluarganya. Namun, dengan adanya asuransi, Anda bisa merasa tenang karena adanya pengalihan resiko. Hak pengalihan resiko ini bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengajukan ganti rugi saat Anda mengalami hal yang tidak diinginkan. Contohnya yaitu saat Anda mengalami sakit yang cukup parah sehingga harus dirawat inap.

Asuransi = Investasi

Investasi saat ini tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang berduit saja. Investasi saat ini bisa dilakukan oleh siapa saja dalam bentuk apa saja. Salah satu asuransi yang bisa digunakan sebagai investasi adalah asuransi kesehatan. Mengapa asuransi bisa dikatakan sebagai investasi? Bagaimana tidak, asuransi memungkinkan Anda mengalihkan resiko sehingga dana yang sudah dihimpun nantinya akan dikembalikan kepada nasabah. Memiliki asuransi juga sama saja menabung untuk masa depan. Selain itu, dana asuransi juga akan dikembangkan oleh pihak asuransi sehingga nasabah tidak akan merasa dirugikan karena memiliki investasi.

Mengajukan asuransi pada usia muda justru bisa memberikan nilai investasi yang lebih. Hal ini dikarenakan biaya premi yang harus dibayarkan juga sangat murah. Semakin muda Anda mengajukan asuransi, maka semakin kecil biaya premi yang harus dibayarkan. Karena pada nasabah yang berusia muda memiliki resiko yang sangat kecil untuk terkena penyakit-penyakit kronis. Terlebih lagi, saat ini untuk mengajukan asuransi kesehatan tidaklah mahal. Anda bisa memilih asuransi jenis kesehatan murni untuk mendapatkan premi yang kecil.

Menghemat Biaya Kesehatan

Salah satu fungsi dari memiliki asuransi yaitu bisa menghemat biaya kesehatan yang harus dibayarkan. Dalam hidup, orang tidak selamanya sehat. Ada kalanya orang-orang terserang sakit baik ringan maupun berat. Namun, dengan melihat kebiasaan orang Indonesia yang malas untuk jalan kaki, sering mengkonsumsi makanan instan dan pola hidup yang tidak sehat akan membuat masyarakat Indonesia mudah terserang penyakit. Selain karena faktor gaya hidup, masyarakat Indonesia bisa terserang penyakit beresiko tinggi yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Tak hanya itu saja, biaya kesehatan yang terus meningkat setiap tahunnya membuat masyarakat Indonesia wajib memiliki asuransi kesehatan. Asuransi bisa digunakan untuk menghemat biaya kesehatan yang harus dikeluarkan. Saat Anda mengalami sakit yang cukup parah seperti penyakit-penyakit beresiko tinggi tentu membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Dengan memiliki asuransi, Anda bisa menghemat biaya kesehatan.

Asuransi Tidak Merugikan

Siapa bilang memiliki asuransi kesehatan itu merugikan? Justru asuransi tidak merugikan baik secara materi maupun non materi. Misalnya saja pada segi keuangan, memiliki asuransi tidak akan mempengaruhi tabungan Anda. Anda tetap bisa menabung dan memisahkan tabungan untuk keperluan lainnya seperti pendidikan, dana darurat dan sebagainya. Anda juga tetap bisa membayarkan asuransi kesehatan tanpa harus menyentuh dana tabungan tersebut. Bahkan memiliki asuransi jenis kesehatan berfungsi untuk memudahkan Anda mengatur keuangan keluarga.