Beberapa Contoh Alat Elektromedik di Rumah Sakit

Pernahkah anda berkunjung ke Rumah Sakit ? Tentu saja anda melihat ada banyak sekali alat – alat kesehtan yang ada di sana. Mulai dari alat bedah, infus, alat suntik, oksigen, semua itu merupakan alat – alat kesehatan yang berfungsi untuk mendukung kesembuhan pasien yang dirawat di rumah sakit. Diantara begitu banyaknya alat – alat medis di Rumah Sakit, ada beberapa jenis diantaranya alat elektromedik. Apa itu ? Kita akan bahas secara singkat dalam ulasan ini tentang pengertian dan contoh alat kesehatan elektromedik di rumah sakit.

Pengertian Alat Elektromedik

Alat Elektromedik merupakan alat kesehatan yang mengandung unsur listrik atau elektronik. Dalam hal ini semua jenis alat kesehatan yang bekerja dengan menggunakan tenaga listsrik kita bisa masukkan ke dalam golongan alat ini. Untuk lebih jelasnya, anda bisa lihat contohnya sebagai berikut.

1. Pasien Monitor

Pasien monitor merupakan satu alat medis yang digunakan sebagai alat pantau kesehatan pasien secara reltime. Alat ini berbentuk monitor dengan layar yang cukup besar. Alat ini dilengkapi dengan sensor yang berfungsi untuk memantau kondisi kesehatan pasien melalui parameter – parameter seperti EKG, detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh dan juga kadar oksigen dalam darah.

2. Defibrillator

Anda mungkin pernah melihat di layar kaca, ketika tim sar sedang menolog orang yang tenggelam dan tidak sadarkan diri. Mereka memberikan sengatan listsrik dengan menggunakan alat yang hampir mirip dengan bentuk setrika. Itulah defibrillator, alat ini berfungsi untuk menormalkan irama denyut jantung orang yang mengalami gangguan jantung karena beberpa faktor diantaranya tenggelam.

3. EKG

Alat ini juga masih berhubungan dengan listsrik, EKG atau Elektrokardiograf merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk merekam aktifitas otot jantung. Hasil rekaman tersebut digunakan untuk menganalisa dan mengidentifikasi adanya gangguan jantung pasien. Alat seperti ini jelas masuk ke dalam golongan alat elektromedik. Meskipun banyak sudah suplier alkes yang jual alat EKG di berbagai wilayah, namun alat ini biasanya hanya ada di Rumah Sakit setingkat daerah. Untuk rumah sakit kecil kebanyakan belum ada alat ini.