Pilihan Menu Makanan Bayi 1 Tahun

Bayi dengan usia 1 tahun merupakan masa dimana bayi mulai bertumbuh dan berkembang. Tidak hanya tubuhnya saja akan tetapi juga tumbuh kembang otaknya. Bayi usia 1 tahun juga merupakan usia dimana bayi sedang aktif-aktifnya melakukan banyak hal. Dengan banyaknya aktifitas si bayi ini sudah semestinya kita sebagai orang tuanya harus memperhatikan menu makanan si bayi ini. menu makanan bayi 1 tahun sudah jelas berbeda dengan menu makanan bayi usia 5 tahun. Bagaimana tidak, usia bayi yang baru 1 tahun ini biasanya gigi-giginya masih dalam tahap pertumbuhan sehingga belum mampu mengunyah makanan dengan baik. Ditambah lagi system pencernaan si bayi usia 1 tahun ini belum sekuat system pencernaan pada bayi usia 5 tahun. Oleh karenanya pada bayi dengan usia 1 tahun ini perlu diberikan jenis makanan yang memiliki tektur lembut dan mudah dicerna oleh si bayi.

Selain memperhatikan menu makanan yang memiliki tektur lembut, anda juga harus pandai-pandai memilih jenis makanan yang memang mengandung banyak gizi dan nutrisi untuk si bayi anda tersebut. Pasalnya tidak semua makanan dengan tekstur lembut baik untuk dikonsumsi bayi dengan usia 1 tahun. Jenis makanan dengan tekstur lembut yang harus anda berikan pada bayi anda adalah jenis makanan lembut yang memang benar-benar kaya akan nutrisi yang baik untuk si bayi. Lantas jenis makanan apakah yang baik diberikan untuk bayi anda yang berusia 1 tahun ini? Untuk anda yang masih merupakan ibu baru, di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai beberapa saran menu makanan untuk bayi anda yang berusia 1 tahun.

  1. Melumat dengan lembut makanan yang dasarnya tidak bertektur lembut menjadi selembut mungkin seperti buah-buahan. Nah buah-buahan yang bisa anda jadikan sebagai menu dasar adalah pisang dan alpukat. Kedua jenis buah-buah an ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik terutama untuk fisik si bayi dan untuk system pencernaannya. Alpukat juga dikenal sebagai buah yang mengandung omega 3 yang baik untuk si bayi. Apalagi kedua buah ini juga memilik tektur yang mudah dilumat menjadi lembut. Sehingga sangat dianjurkan. Nah untuk menambah nafsu dan daya tarik si bayi anda bisa mencampur buah ini dengan cairan susu bayi seperti Friso. Yang mana susu ini dikenal memiliki rasa yang enak dan kaya akan berbagai gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk si bayi.
  2. Sayuran. Sayuran menjadi jenis makan kedua setelah buah-buahan yang sangat baik diberikan kepada bayi anda. Ada banyak sekali jenis sayuran yang memiliki kandungan gizi dan vitamin yang baik. Namun tidak semua jenis sayuran cocok diberikan pada buah hati anda yang berusia 1 tahun ini yaa. Salah satu saran sayuran yang bisa anda pilih untuk bayi anda adalah sayur bayam dan brokoli. Kedua jenis sayuran ini memiliki warna dasar hijau yang mana sayuran berwarna hijau memang dikenal sebagai sayuran yang kaya akan serat dan gizi berkualitas. Sangat baik untuk tumbuh kembang fisik, otak, dan pencernaan bayi anda. nah untuk pengolahannya anda bisa mencampurkan lumatan kedua sayur ini dengan nasi atau bubur lembut buatannya. Untuk lebih melembutkannya anda bisa mencampurnya dengan cairan susu Friso.
  3. Oatmeal. Oatmel sendiri merupakan jenis bubur sereal dengan kandungan gizi dan vitamin yang banyak. Biasanya oatmeal akan memiliki rasa hambar. Rasa hambar tentu bisa dirasakan oleh si bayi. Akibatnya si bayi akan berkurang seleranya untuk makan. Oleh karenanya anda bisa mencampur menu ini dengan taburan coklat atau keju sehat. Atau jika perlu anda bisa menaburinya dengan irisan buah manis yang telah anda parut halus. Dengan begitu bayi anda akan merasakan rasa manis pada oatmeal tersebut.
  4. Lumatan tahu dan tempe. Tahu dan tempe yang terbuat dari kedelai memang dikenal mengandung protein dan gizi yang tinggi. Hal ini sangat baik dikonsumsi oleh bayi usia 1 tahun. Apalagi tekstur dari tahu dan tempe sendiri memang tidak begitu keran dan mudah dilumatkan. Sehingga sangat cocok menjadil menu makanan bayi anda. untuk tambahan karbohidrat anda bisa menambahkan bubur nasi.

Nah demikian beberapa menu makanan sehat pemenuh gizi yang bisa anda berikan pada si kecil. Jangan lupa untuk selalu memperhatian takarannya yaa. Karena perut bayi 1 tahun terbilang tidak mampu menampung makanan dalam kadar banyak. Nah untuk konsumsi susu bayi usia 1 tahun anda bisa mengandalkan susu Friso yang diperkaya dengan beragam gizi dan nutrisi baik bagi si bayi yang tentunya bisa menjadi pelengkap dari setiap menu makanan dan juga menjadi pelengkap gizi ASI yang anda berikan pada anak anda tersebut.