Tips Aman Sebelum dan Sesudah Sterilisasi Botol Bayi

Botol bayi perlu dilakukan sterilisasi untuk melindungi bayi Anda dari kuman dan bakteri yang berbahaya. Anda bisa mendapatkan alat sterilisasi berkualitas dengan diskon lebaran hingga 31% di orami.com sesuai ketentuan berlaku. Saat akan melakukan sterilisasi ini tips aman sebelum dan sesudah melakukannya yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

Tips Sebelum Melakukan Sterilisasi dengan Menggunakan Sterilizer

1. Mencuci dengan bersih botol susu dan dot dengan menggunakan sabun khusus pencuci peralatan bayi yang aman.

2. Bersihkan dengan menggunakan sikat khusus membersihkan bagian dalam botol bayi yang tidak akan merusak botolnya.

3. Bersihkan bagian dalam dot dengan menggunakan sikat gigi kecil yang lembut. Pastikan kebersihan area dalam dot tersebut dengan menggunakan jari telunjuk kanan Anda. Sebelum memeriksa pastikan jari Anda telah dicuci bersih.

4. Cuci hingga bersih tanpa meninggalkan sabun dengan menggunakan air bersih yang mengalir dari kran.

5. Setelah selesai masukkan botol ke dalam alat sterilisasi Anda dengan posisi terbalik di rak yang telah tersedia.

6. Sebelum dihidupkan isi air terlebih dahulu pada bagian bawah sterilizer atau sesuai dengan jenis sterilizernya.

7. Simpan seluruh peralatan cuci botol yang digunakan pada tempat yang tidak lembap.

8. Sambil menunggu hasil sterilisasi selesai, cuci tangan Anda hingga bersih.

9. Jangan membuka alat sterilizer yang sedang bekerja karena alat tersebut akan berhenti dengan sendirinya jika telah selesai.

Tips Setelah Melakukan Sterilisasi dengan Menggunakan Sterilizer

1. Setelah proses sterilisasi selesai, Anda sebaiknya tetap menyimpan botol susu bayi di dalam sterilizer dengan kondisi alat telah mati.

2. Ambil botol saat Anda telah membutuhkannya dan pastikan kondisi tangan Anda bersih dan tidak basah saat mengambil botol tersebut.

3. Jika Anda ingin melakukan penyimpanan, maka simpanlah di area yang bersih misalnya di dalam lemari atau di dalam tas khusus botol susu bayi Anda.

4. Jika botol telah dikeluarkan, jangan lupa untuk membersihkan alat sterilisasi tersebut sesuai dengan petunjuk yang tertera pada produk tersebut.

5. Pastikan sterilizer telah dingin lalu bersihkan alat sterilizer dengan menggunakan sabun atau pun lemon pada bagian dalamnya.

6. Lap dengan kain yang lembut untuk mengangkat sisa kerak sampai bersih.

7. Keringkan sterilizer tersebut sebelum menyimpannya kembali.

8. Simpan di dalam kotaknya atau di dalam lemari dan tempat yang kering.

Alat sterilizer tersedia dengan berbagai jenis dan kapasitasnya. Pastikan Anda menggunakan alat dengan bahan yang aman tanpa kandungan bahan BPA. Pilih juga kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar alat sterilizernya awet dan tahan lama sekali sebulan lakukan pembersihan dangan menggunakan cuka untuk menghilangkan noda yang menempel.