Cara Mengatasi Keputihan

Setiap wanita tentu pernah merasakan keputihan dalam hidupnya. Meski keputihan ialah hal yang normal, namun situasi ini barangkali sering menciptakan Anda merasa tidak nyaman dan resah. Apalagi andai cairan keputihan kita cukup tidak sedikit sehingga mengganggu aktivitas. Lantas, bagaimana teknik mengatasi keputihan? Cari tahu jawabannya dalam tulisan ini.

Cara menanggulangi keputihan di rumah


Keputihan ialah keluarnya cairan dari vagina. Kondisi ini tidak bisa selalu ditafsirkan sebagai infeksi atau gangguan kesehatan pada vagina. Pasalnya, vagina memang dirancang untuk dapat membersihkan dirinya sendiri dengan teknik mengeluarkan cairan keputihan yang membawa sel-sel mati serta bakteri.

Keputihan yang normal pada lazimnya tidak berbau dan berwarna putih susu atau jernih. Biasanya seorang perempuan akan lebih ingin mengalami keputihan andai sedang stres, ovulasi, hamil, menyusui, atau terangsang secara seksual. Dalam tidak sedikit kasus, keputihan yang normal tidak membutuhkan penanganan eksklusif asalkan Anda tidak jarang kali menjaga kesucian vagina dengan baik.

Ada sejumlah cara menanggulangi keputihan yang bisa Anda kerjakan sendiri di rumah, di antaranya:

Cuci lokasi kewanitaan kita secara lembut dengan air hangat. Kemudian keringkan memakai tisu atau handuk yang lembut dan tepuk-tepuk pelan sampai kering. Ingat, tidak boleh menggosok atau mengelus vagina terlampau keras karena dapat menimbulkan iritasi.
Jika keputihan paling banyak, Anda barangkali perlu mengubah celana dalam lebih sering. Ini dilakukan supaya kelembapan vagina dapat terjaga dengan baik.
Hindari pemakaian sabun wangi, gel, antiseptik, serta douching karena dapat memengaruhi ekuilibrium pH serta bakteri di dalam vagina. Jika Anda hendak menggunakan sabun, pilihlah sabun yang polos tanpa pewangi.
Jika keputihan yang kita alami diakibatkan oleh infeksi jamur, maka Anda dapat mengatasinya dengan obat antijamur yang dimasukkan ke dalam vagina dalam format krim atau gel. Konsultasikan terlebih dulu sebelum Anda memakai obat antijamur untuk menanggulangi keputihan.
Gunakan kondom atau tunda hubungan seksual sampai seminggu sesudah pengobatan.
Konsumsi yogurt bila Anda sedang dalam penyembuhan antibiotik supaya menurunkan risiko terpapar infeksi jamur.
Bila keputihan yang tidak normal dilangsungkan lebih dari seminggu setelah mengerjakan cara-cara yang telah di atas, segera periksakan diri kita ke dokter.
Waspadai keputihan tidak normal
Meski keputihan terbilang situasi normal, keputihan yang terjadi secara tidak wajar dapat jadi indikasi dari situasi medis tertentu. Biasanya keputihan yang abnormal diakibatkan karena infeksi bakteri, jamur atau parasit.

Keputihan yang abnormal ditandai dengan timbul bau menyengat, gatal dan kemerahan, tekstur cairan yang lebih pekat, kekuning-kuningan atau kehijau-hijauan, hadir bercak kecokelatan atau kemerahan di luar masa menstruasi, serta memunculkan rasa nyeri atau gatal. obat herbal keputihan

Jika Anda merasakan salah satu tanda yang sudah dilafalkan tadi, segera periksakan diri ke dokter. Pasalnya, keputihan dapat menyebabkan sekian banyak komplikasi andai tidak diobati dengan baik.

Cara ampuh menangkal keputihan tidak normal


Untuk menghindari terjadinya keputihan yang tidak normal, berikut sejumlah langkah pencegahan yang bisa Anda dilakukan:

Cuci tangan sebelum maupun setelah menyentuh lokasi vagina.
Setelah buang air kecil, tidak jarang kali basuh vagina kita dari depan ke belakang untuk menangkal bakteri masuk ke dalam vagina dan mengakibatkan infeksi.
Pastikan vagina sudah lumayan basah sebelum Anda mengerjakan hubungan seksual untuk menangkal infeksi.
Gunakan detergen tanpa pewangi untuk membasuh pakaian Anda. Di samping itu, pastikan kita membilas pakaian hingga benar-benar bersih.
Gunakan celana dalam berbahan katun dan hindari pakaian yang berbahan ketat.
Hindari pemakaian tisu dengan pewangi, sabun wangi, atau bedak pada vagina karena dapat mengiritasi kulit dan menganggu ekuilibrium bakteri alami dalam vagina.