Mengenal 3 Jenis Alat Kesehatan di Rumah Sakit

Alat Kesehatan merupakan instrument, mesin, implant yang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk mencegah dan mendiagnosa penyakit, merawat orang sakit dan memulihkan kesehatan pada manusia serta untuk membentuk struktur dan memperbaiki jaringan tubuh. Itulah definisi alat kesehatan menurut peraturan menteri kesehatan Republik Indonesia.

jenis alat kesehatan di rumah sakit

Alat kesehatan itu sendiri terbagi menjadi tiga jenis yaitu alat elektromedik, alat non elektromedik dan alat diagnostic in vitro.  Masing – masing alat ini memiliki fungsi yang berbeda – beda dan cara kerja yang berbeda. Ingin tahu lebih lanjut ? Mari simak pembahasanya berikut ini.

3 Jenis Alat Kesehatan Dan Contohnya

Berikut ini pembahasan singkat mengenai tiga macam alat kesehatan yang terdapat di rumah sakit atau klinik.

# Alat Elektromedik

Sebagaimana telah kita bahas pada kesempatan yang lalu bahwa alat elektromedik merupakan alat – alat kesehatan di rumah sakit yang proses operasinya membutuhkan tenaga listrik atau terdiri dari komponen elektronik. Contohnya juga cukup banyak seperti alat rekam jantung (ekg), alat monitor pasien. Dan alat lainnya yang sejenis.

# Alat Non Elekteromedik

Sedangkan alat non Elektromedik merupakan kebalikan dari alat Elektromedik. Yaitu alat kesehatan yang tidak menggunakan tenaga listrik atau disebut juga dengan alat manual. Contoh alat ini juga sangat banyak sekali seperti alat infus, alat suntik, stetoskop, dan alat – alat lainnya yang tidak membutuhkan energi listrik.

# Alat Diagnostic In Vitro

Kedua jenis alat kesehatan yang sudah kita bahas diatas memiliki perbedaan kategori pada cara kerja atau prinsip kerja yang melibatkan energi listrik. Jenis yang ketiga, yaitu alat diagnostic invitro tidak demikian, alat ini merupakan alat dengan fungsi khusus yaitu sebagai alat diagnosis penyakit.

Alat ini berasal dari alat elekteromedik ataupun non elektromedik, namun kebanyakan berasal dari alat elekteromedik. Adapun contoh alat ini seperti alat hematology analyzer, chemistry analyzer, urine analyzer dan alat uji koagulasi.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai tiga jenis alat kesehatan yang ada di rumah sakit sesuai dengan peraturan menteri kesehatan dalam kompendium alat kesehatan. Sekian, semoga bermanfaat !