Ada Apa Dengan Omar Bagian 2

Tertular flu

sat-jakarta.com – “Setelah si kecil lahir, karena prematur, ia saat itu harus tinggal sementara dalam inkubator kurang lebih 5 hari. Saat itu suami sempat diminta menandatangani sebuah berkas yang menyatakan memberi izin tim medis memberikan antibiotik pada si kecil, supaya paru-parunya yang belum begitu kuat bisa terlindung dari infeksi dan semacamnya. Setelah 5 hari, akhirnya si kecil boleh pulang.

Alhamdulillah, saat di rumah, mungkin karena ASI, dia jarang sakit. Kalaupun sakit, sakit bayi pada umumnya: ­ flu, batuk biasa, tanpa obat sembuh dengan sendirinya. Saat usia 9 bulan, karena saya pikir anak ini sehat dan kuat, kami ajak pulang kampung ke rumah suami di Yogya naik mobil pribadi. Nah, dalam perjalanan, si kakak memang agak kurang sehat karena ­flu. Nah, mungkin karena itu si kecil tertular ­flu dari kakaknya. Benar saja, sesampainya di Yogya, si kecil rewel bukan main.

Akhirnya saya bawa ia ke klinik. Setelah 3 hari, kok demamnya tidak turun. Saat itu suami putuskan untuk memeriksakan si kecil ke spesialis anak, lalu oleh dokter diminta melakukan tes lab. Hasilnya, Omar terserang bakteri. Akhirnya diberi antibiotik. Alhamdulillah, beberapa hari kemudian si kecil ceria kembali.”

Masuk ICU

“Beberapa waktu lalu Omar mengalami batuk. Setelah ke dokter, diberi obat, sampai obat habis, Omar masih demam dan batuk berdahaknya semakin parah. Nah, dua hari setelah obat dari dokter habis, Omar malah drop. Pukul 00.00 ia mengalami sesak napas dan pucat sampai bibir agak membiru. Karuan saja dia langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Sebagai orangtua tentu sedih, takut, bingung, karena dalam perjalanan yang tak begitu jauh menuju rumah sakit, Omar seperti orang yang tengah menghadapi sakaratul maut. Saat itu napasnya tinggal satu satu, matanya tidak berkedip. Sesampainya di rumah sakit malah ditolak, karena menurut petugas di rumah sakit, tidak ada Intensive Care Unit (ICU) untuk anak. Lalu Omar dirujuk ke salah satu rumah sakit Ibu dan anak yang lebih besar di Jakarta Barat.