Ada Apa Dengan Omar

pascal-edu.com – Memiliki anak memang sebuah anugrah dan tanggung jawab yang besar bagi orangtua. Hal yang paling penting ketika anak lahir adalah kesehatan. Anak yang sehat sejak lahir tanpa prematur memang sangat diidamkan oleh semua orangtua. Karena sudah jelas anak itu akan tumbuh dan berkembang dengan baik sampai dewasa nanti.

Namun tidak semua yang kita inginkan berjalan begitu saja, ada kalanya cobaan menghadang. Prematur pada anak yang terlalu cepat lahir kerap saja terjadi. Dan hal inilah yang membuat anak rentan terhadap berbagai penyakit. Karena itulah menjaga kehamilan agar waktu bersalin tepat adalah tugas yang sangat penting dan harus diperhatikan.

Persalinan mendadak

“Saat hamil si kecil, sepertinya tidak ada keluhan apa pun. Saya makan banyak dan hampir tidak pernah mengonsumsi obatobatan. Kalaupun ada mual muntah, itu masih wajar sebab tidak sampai membuat kelimpungan. Masuk 8 bulan usia kehamilan, saat pulang ke rumah orangtua di Bogor, di dalam mobil tiba-tiba, kok, seperti ada cairan keluar dari vagina.

Saya kaget tapi tidak terlalu menghiraukan. Pikiran saya mungkin karena jalanannya jelek, jadi saya agak beser di mobil. Namun suami penasaran dengan kejadian ngompol itu. Setelah kembali ke Jakarta, kontrol deh ke dokter kandungan. Kaget bukan main, saat dokter bilang ada sedikit kebocoran cairan ketuban. Dokter menyarankan saya bedrest paling tidak 7 hari hingga kontrol ulang ke dokter. Tapi baru memasuki hari ke-5, kembali air ketuban keluar lagi dan saat itu lebih banyak dari pertama. Karuan kami semua panik.

Suami segera membawa saya ke dokter karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah diperiksa, dokter mengatakan, bahwa ini tidak bisa diselamatkan. Waduh! Kami kaget karena kami berpikir yang tidak bisa diselamatkan adalah janin. Ternyata yang dimaksud dokter usia kehamilan yang tidak bisa diselamatkan. Saat itu juga setelah melakukan persiapan kurang lebih 2—3 jam, saya menjalani operasi sesar. Alhamdulillah, anak selamat, juga saya tidak kurang suatu apa pun.