Ingin Membeli Rumah Pertama? Ikuti Tips Penting Berikut Ini

Banyak dari kita menjadikan target pertama yang harus dicapai setelah ataupun sebelum memiliki keluarga baru adalah memiliki rumah yang layak. Sehingga keputusan untuk  membeli rumah pertama menjadi salah satu keputusan besar bagi kita semua. Harga rumah yang semakin meroket saat ini dan juga permasalahan finansial tentu membuat para calon pembeli mengalami kendala dalam membuat keputusan. Untuk itu, simaklah tips di bawa ini yang bisa membantu anda untuk mempermudah membeli rumah pertama Anda, simaklah tips di bawah ini :

tips membeli rumah pertama

 

1. Mencari informasi sebanyak-banyaknya

Carilah semua informasi dengan teliti dan detail, khususnya informasi mengenai pembiayaan yang akan dipilih untuk membiayai pembelian rumah sebelum membeli rumah idaman. Perhatikan secara jeli dan cermat ke tabel cicilan Anda selama periode kredit KPR. Lihat perbandingannya antara bunga awal dan utang pokok, lihatlah jumlah perbandingan utang pokok dan bunga di awal periode kredit, serta berapa lama bunga tetap yang akan berlaku. Hal ini disarankan untuk Anda, karena tidak sedikit orang membeli rumah pertama mereka hanya karena rekomendasi dari teman dan kerabat dekat mereka.

Kemudian, jangan lupa untuk menentukan anggaran budget Anda dan sesuaikan dengan pendapatan dan tabungan yang dimiliki. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan biaya-biaya tambahan di masa depan seperti biaya renovasi, cukai, iuran komuniti penduduk ke dalam budget awal anda. Akan sangat memebantu Anda jika berkonsultasi ke bank atau pihak properti terdekat. Ada beberapa yang bisa dipertimbangkan sebagai bahan pertimbangan, diantaranya adalah melihat siapa dulu pengembangnya, bagaimanakah track record developer tersebut selama ini? Apakah para pembeli rumah terpuaskan?  Bisa anda lihat ulasan atau testimony para pembeli di internet. Apakah developer menyerah terima rumahnya tepat waktu? Kroscek kualitas pembangunan projek-projek perumahan terdahulu.

2. Menentukan Metode Pembayaran Rumah

Beberapa cara pembayaran rumah yang ditawarkan oleh pengembang adalah tunai keras, tunai bertahap, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).  Pembayaran secara Tunai keras mungkin bisa dilakukan jika Anda memiliki dana yang sudah terbilang sangatlah mencukupi dan Anda akan diberikan diskon besar  dari. Namun sebaiknya jenis pembayaran ini harus dihindari walaupun Anda tidak mampu membayar sekaligus dalam nominal yang sangat besar.

Cara pembayaran dengan KPR dan tunai bertahap akan menjadi pilihan yang lebih amani untuk Anda yang memiliki dana keuangan yang pas-pasan atau sedikit kurang dari perkiraan. Kemudian, pastikan juga biaya tambahan diluar harga beli rumah itu sendiri, seperti PPn, KPR, biaya peningkatan BPHTB, dan lainnya. Dalam menentukan kisaran harganya tidak dapat ditentukan secara pasti, karena harganya akan beragam di setiap rumahnya, namun dapat dialokasikan sekitar 15 – 20 persen.

3. Kondisi Rumah Harus Baik

Langkah selanjutnya mengecek kondisi rumah beserta biaya-biaya yang akan dibutuhkan, pastikan keadaan kondisi rumah dalam keadaan kondisi baik, atau dengan kata lain rumah tersebut berada dalam keadaan maksimal. Jika ternyata terdapat kerusakan kecil minta kepada penjual untuk memperbaiki kerusakan, meminta jaminan, atau garansi kerusakan untu suatu periode, seperti 6 bulan atau 1 tahun. Jika kerusakan tersebut masih berada dalam periode itu, penjual harus membayar biaya perbaikan karena jika Anda harus memperbaikinya sendiri persiapkan untuk biaya perawatan dan perbaikan rumah yang baru dibeli adalah sekitar 1%-3% dari harga rumah itu sendiri. Sepintas terlihat kecil dan sepele, tetapi Andaharus lebih teliti dalam membeli daripada mengeluarkan biaya yang lebih besar.

4. Survei Kondisi Kawasan Sekitar Rumah

Melihat kondisi sekitar rumah juga tak kalah penting karena Anda tidak mau tinggal di dalam rumah idaman namun jalan keluar dan kondisi lingkungan sekitar tidak mendukung, bukan? Perhatikan jalan utama menuju rumah Anda dengan pusat kota dan lokasi-lokasi penting, seperti rumah sakit, kantor Anda, bandara, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Hitung pula berapa lama waktu yang dibutuhkan dari rumah Anda untuk sampai ketempat-tempat tersebut. Untuk tinggal di rumah ini adalah untuk jangka waktu yang lama jadi hal-hal tersebut menjadi point penting.